Sabtu, 04 Maret 2017

INTIP JURUSAN MANAJEMEN LOGISTIK STIMLOG



AYO INTIP JURUSAN S1-MANAJEMEN LOGISTIK  (STIMLOG)


Hei hei intipers... terutama yang baru lulus SMA, lagi nyari jurusan ya? Sebentar ya, izinin saya kenalan dulu... 
Saya mahasiswa semester VI, jurusan S1 Manajemen Logistik di Kampus Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia (STIMLOG)

Kata LOGISTIK... Beberapa orang sering salah paham dengan maknanya, saya sempet denger ada yang bilang kalo logistik itu urusan angkat mengangkat barang, kerjanya jadi suruhan orang dan bahkan ada yang bilang logistik itu jurusan yang nggak penting. Jahat kan orang itu...  
yaaaa.. mungkin dia belum tahu dan jiwanya masih jiwa tahun 70an.

Oke saya akan berbagi pengetahuan mengenai apa itu Manajemen dan apa itu Logistik..

MANAJEMEN merupakan proses dalam membuat suatu PERENCANAAN, PENGORGANISASIAN, PENGENDALIAN, PENGAWASAN serta MEMIMPIN berbagai usaha dari organisasi dan juga menggunakan sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. 

Lanjut ke pengertian Logistik...

LOGISTIK adalah ilmu yang mengatur dan mengontrol aliran/arus barang (produk), energi, uang, informasi dan sumber daya lainnya secara efektif dan efisien mulai dari titik asal hingga ke titik tujuan.  Kegiatan UTAMA dalam bidang Logistik yaitu PENGADAAN, PENYIMPANAN, PERSEDIAAN, PENGANGKUTAN (TRANSPORTASI), PERGUDANGAN, PENDISTRIBUSIAN, PENGEMASAN, KEAMANAN dan PENANGANAN BARANG serta JASA dalam bentuk bahan baku, barang setengah jadi dan barang jadi.

Beberapa Matakuliah inti di S1 Manajemen Logistik (STIMLOG) nih guys.. jadi biar kalian ada gambaran kalo mau gabung sama kami. Hehe....

Logistics & Supply Chain Management
Logistics Postal
Freight Management
Warehouse Management
Inventory Management
Total Quality Management
Riset Operation
E-Commerce Management
Logistics Location Facility
Purchasing Management
Distribution Management
Supply Chain Project Management
Logistics Marketing Management
Goods Inspection
Lean Six Sigma Logistics & Supply Chain
Dangerous Goods
Integrated Logistics & Supply Chain
Logistics Business
Information System Logistics & Supply Chain
Supply Chain Risk Management
Modeling System Logistics & Supply Chain
Supply Chain Optimization
Green Logistics & Supply Chain
Export Import
Global Logistics & Supply Chain
Kepabeanan
Packaging Management
Safety Working Management



Dari beberapa matakuliah di atas, ada dua yang menurut saya mengesankan (hehe) 
Yang pertama itu matakuliah “Goods Inspection” matakuliah tersebut menjelaskan mengenai jenis-jenis barang yang berbahaya dan tidak berbahaya. Selain itu matakuliah tersebut juga menjelaskan mengenai proses loading/unloading yang ada di terminal Cargo (bandara) dan kebetulan karena Dosennya Praktisi dari dunia Penerbangan makanya saya jadi suka sama matakuliah “Goods Inpection”. 

Dan matakuliah kedua yang saya sukai berikutnya adalah Kepabeanan, saya suka karena matakuliah tersebut menjelaskan mengenai penanganan dan pemeriksaan barang ekspor dan barang impor dari dalam negeri maupun luar negeri dan insya allah kalo rezekinya bagus semoga saya bisa bekerja di Bea Cukai (hehe... amin)

Selain dua matakuliah favoritku tersebut semua matakuliah yang aku sebutin di atas merupakan Pelajaran INTI di bidang Logistik guys. Jadi kalo misalkan kalian nanti sudah join ke STIMLOG jangan lupa belajar yang rajin dan banyakin diskusi dengan sohib ya guyyss,, (hehe)




Aktivitas diskusi Mahasiswa STIMLOG


Oiya... nanti kalo kalian sudah masuk semester 6, akan ada program kerja praktek di perusahaan-perusahaan besar Indonesia guys. Lokasi Kerja Prakteknya buanyak banget guys.. 

Aku sebutin beberapa perusahaan aja ya (PT. Pos Indonesia, Pelindo I, II, PT. Inalum, PT. Angkasa Pura, PT. BGR, APL, PT. Kereta Api Indonesia, Garuda Kargo Indonesia, PT. Dirgantara Indonesia, PT. Agility International, PT. Leschaco, PT. Pindad, PT. Astra International, PT. MUA Cargo, DHL Indonesia, Unilever Indonesia, Jakarta International Container Terminal, dan buanyak lainnya lagi 

Alhamdulilah STIMLOG tahun (2017) ini bakal lounching lulusan pertama guys.. beberapa perusahaan udah pada NUNGGUIN di depan pintu (hehe). Jadiiii jangan takut gak dapat kerja ya guys.
 
FAJAR MAULANA SAYA MAHASISWA TINGKAT 3 JURUSAN S1 MANAJEMEN LOGISTIK di STIMLOG. Kesibukan saya kuliah, organisasi (eksternal kampus), bisnis kecil-kecilan dan Hobi saya maen Bulutangkis, membaca, makan, hunting kereta dan pesawat dan yang paling penting saya suka dunia penerbangan.



Tidak ada komentar: